Selamat Datang Di BLOG Media Berita Online dari Kota Malang. Selengkapnya baca di www.malangnews.com

Monday, April 12, 2010

Percaya Atau Tidak : Tuyul Pencuri Uang Ditangkap

 Dua hari lalu, warga pemukiman padat Menteng Jaya digemparkan peristiwa penangkapan makhluk gaib yang kerap disebut si pencuri uang, tuyul. Penangkapan tuyul dilakukan seorang Kyai beserta sejumlah warga.
"Soalnya warga banyak yang melapor sering kehilangan uang," kata Maemunah (45 tahun), warga di Jalan Menteng Jaya, RW 08, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 12 April 2010.
Tidak tanggung-tanggung, tuyul yang 'dibekuk' bukan satu atau dua. Tapi ada lima. Kelima tuyul itu ditangkap karena dianggap telah meresahkan warga selama setahun terakhir ini.

Penangkapan lima Tuyul ini sendiri atas inisiatif Ketua RW 08, Sugiyanto (50), yang sering menerima laporan kehilangan uang dari para warganya.
"Banyak warga yang mengaku kehilangan uang yang disimpan di lemari. Bahkan ada warga yang sampai kehilangan duit dengan jumlah total sampai Rp 10 juta. Dalam setahun sekitar 15 warga di sini banyak yang melapor kehilangan duit secara gaib," ujar Sugiyanto.
Menerima laporan ini, Sugiyanto pun meminta bantuan seorang Kyai asal Jawa Tengah, Ahmad Baduy yang telah lama dikenalnya.
Akhirnya pada akhir pekan lalu, tepatnya Sabtu dinihari pukul 01.00, dengan dibantu tiga orang warga, Kiai Ahmad Baduy pun melakukan ritual untuk menangkap tuyul di perempatan jalan di RT 1/8.
Proses ritual penangkapan berupa pembacaan ayat suci disaksikan ratusan warga. Setengah jam setelah ritual berlangsung, sejumlah warga merasakan keanehan.
"Buluk kuduk saya berdiri tetapi saya nggak bisa melihat wujud tuyul itu. Tapi seorang warga bernama Ba'asyir mengaku melihat wujud tuyul itu. Yang bisa melihat memang hanya orang tertentu dan tidak sembarangan orang bisa melihat wujud tuyul itu," terang Sugiyanto.
Setelah adanya penampakan, kemudian Kyai Ahmad Baduy langsung memasukkan lima tuyul ke dalam botol minuman berenergi. yang diikat dengan kain putih. Kemudian lima tuyul dalam botol itu dibawa Kiai Ahmad Baduy ke kampung halamannya di Purwokerto, Jawa Tengah.
Meski tidak semua warga dapat melihat sosok si tuyul, warga berharap dengan penangkapan ini, warga aman dari peristiwa kehilangan uang secara gaib yang tentu saja meresahkan.
"Saya sih nggak tahu apakah uang dalam celengan saya yang sering hilang itu memang diambil oleh tuyul. Tapi jika benar, mudah-mudahan dengan ditangkapnya tuyul ini, saya tidak mengalami kehilangan uang" ujar seorang warga lain, Sudirman yang mengaku sering kehilangan uang dalam celengan plastiknya.
Boleh percaya atau tidak, namun para warga Menteng Jaya hingga saat ini masih ramai membicarakan penangkapan yang tidak lazim itu.
sumber : vivanews

0 comments:

Related Posts with Thumbnails
Get This 4 Column Template Here
Get More Templates Here