Selamat Datang Di BLOG Media Berita Online dari Kota Malang. Selengkapnya baca di www.malangnews.com

Sunday, April 4, 2010

Protes Wasit, Dikeroyok Ramai Ramai



Liga Super Indonesia, kembali diwarnai aksi keribuatn dan memalukan, sebelumnya suporter Persebaya, bonekmania mengamuk dengan melempari pemain Persebaya sendiri dan wasit, kini kericuhan terjadi di Wamena. Saat itu pertandingan antara tuan rumah, Persiwa melawan Persisam Samarinda.
Persisam mendapat perlakukan yang tidak mengenakkan di kandang Persiwa, Stadion Pendidikan, Wamena, Sabtu, 3 April 2010. Duel yang berakhir dengan kemenangan tuan rumah 1-0 ini diwarnai pengeroyokan terhadap tim tamu.

Menurut Manajer Tim Persisam, Agus Coeng, insiden ini terjadi pada menit ke-83 saat wasit mengesahkan gol yang dicetak oleh Imanuel Permenas Padwa. Keputusan ini pun langsung disambut protes keras oleh pemain-pemain Persisam.

"Bagaimana tidak protes, selain berbau off side, bola juga tidak masuk ke jala. Kami dari samping sangat jelas melihat kejadiannya," kata Agus saat dihubungi VIVAnews, Senin, 3 April 2010.

"Saya yang berada di pinggir lapangan mencoba menanyakan kepada asisten wasit, namun dia mengatakan keputusan ada pada wasit," tambah Agus.

Agus lantas mendekati wasit Jelly Elly yang kebetulan berada di pinggir lapangan. Namun Jelly justru tidak menanggapinya dan memilih berjalan ke tengah lapangan.

Merasa belum mendapat jawaban, Agus lantas memegang tangan pengadil lapangan itu. "Tapi saya tidak memukulnya," lanjut Agus.

Melihat protes yang dilancarkan timnya, Agus mengaku ofisial Persiwa mulai tersulut emosinya.

"Yang pertama masuk, manajer Persiwa, John Banua. Dia langsung memukul saya dan diikuti oleh ofisial Persiwa lainnya," kata Agus.

"Sebagai kapten, Danilo (Fernando) coba melerai, namun justru ikut dikeroyok juga," tambahnya.

Pengeroyokan menurut pengakuan Agus semakin meluas. Beberapa pemain yang coba melerai justru menjadi sasaran kemarahan ofisial dan pemain tuan rumah.

"Pemukulan ada di beberapa titik, namun yang paling parah adalah Choi Dong Soo. Dia dikeroyok kayak maling," lanjut Agus.

Kejadian baru berhenti setelah beberapa pihak keamanan turun tangan. Pertandingan akhirnya dimenangkan oleh Persiwa dengan skor 1-0.

Beberapa pemain Persisam menurut Agus mengalami cedera akibat kejadian ini. Mereka adalah Jacques Joel Tsimi, Ronald Fagundez, Danilo Fernando, Choi Dong Soo, dan Panggah Madyantara.

Agus juga mengatakan akan melaporkan kasus ini ke pihak yang berwajib. "Kami sudah melakukan visum malam ini, namun hasilnya baru keluar Selasa. Kami akan bawa kasus ini ke muka hukum," kata Agus.

Meski demikian, Agus membantah kabar yang mengatakan bahwa suporter Persiwa juga terlibat dalam aksi pemukulan tersebut. Sebaliknya, dia menuding justru sebagain pemain Persiwa lah yang ikut memanaskan suasana.

"Suporter tidak ikut dalam kejadian ini. Saya melihat hanya ofisial dan pemain Persiwa yang melakukan pengeroyokan. Suporter Persiwa juga sepertinya sudah tidak simpatik lagi dengan timnya yang kerap mengalami kekalahan belakangan ini," pungkas Agus.

PP Bantah Ada Pemukulan
Sementara itu, Pengawas Pertandingan (PP), Abdul Maurice Tuguis membantah adanya pemukulan terhadap pemain dan ofisial Persisam. Menurutnya, secara umum pertandingan berjalan lancar meski sempat diwarnai aksi portes pemain Persisam.

"Saya tidak melihat adanya pemukulan. Yang ada, pertandingan sempat terhenti dua sampai tiga menit akibat protes yang dilancarkan oleh pemain Persisam. Secara umum, pertandingan berjalan lancar," katanya.

0 comments:

Related Posts with Thumbnails
Get This 4 Column Template Here
Get More Templates Here